Menghitung Probabilitas Munculnya Flush dalam Permainan Poker - Part 1


Ada banyak tipikal hands yang berbeda dalam permainan poker. Salah satu yang mudah dijelaskan disebut flush. Jenis hands ini terdiri dari setiap kartu yang memiliki setelan yang sama. Beberapa teknik kombinatorik, atau studi penghitungan, dapat diterapkan untuk menghitung probabilitas untuk mendapatkan jenis-jenis hands tertentu dalam permainan poker. Probabilitas untuk mendapatkan flush relatif mudah ditemukan, tetapi lebih rumit daripada menghitung probabilitas untuk mendapatkan royal flush.

Asumsi

Untuk kesederhanaan kita akan menganggap bahwa lima kartu dibagikan dari kartu 52 dek standar tanpa penggantian. Tidak ada kartu wild, dan pemain menyimpan semua kartu yang dibagikan kepadanya. Kami tidak akan peduli dengan urutan di mana kartu-kartu ini di-draw, jadi masing-masing hands adalah kombinasi dari lima kartu yang diambil dari setumpuk 52 kartu. Ada total jumlah C (52, 5) = 2.598.960 kemungkinan hands yang berbeda. Set hands ini membentuk ruang sampel kita.

Probabilitas Straight Flush

Kita akan mulai dengan menemukan kemungkinan straight flush. Straight flush adalah hands dengan semua lima kartu dalam urutan berurutan, yang semuanya dari jenis yang sama. Untuk menghitung dengan benar probabilitas straight flush, ada beberapa ketentuan yang harus kita buat. Kita tidak menghitung royal flush sebagai straight flush. Jadi straight flush peringkat tertinggi terdiri dari sembilan, sepuluh, jack, ratu dan raja dengan jenis yang sama.

Karena ace dapat dihituang sebagai kartu rendah atau tinggi, straight flush peringkat terendah adalah ace, dua, tiga, empat dan lima dari suit yang sama. Straights tidak bisa duulang melalui ace, jadi ratu, raja, ace, dua dan tiga tidak dihitung sebagai straight. Kondisi ini berarti bahwa ada sembilan flushes lurus dari suit yang diberikan.

Karena ada empat suit berbeda, ini membuat 4 x 9 = 36 jumlah straight flush. Oleh karena itu probabilitas straight flush adalah 36 / 2,598,960 = 0,0014%. Ini kira-kira setara dengan 1/72193. Jadi dalam jangka panjang, kamu dapat berharap untuk melihat hands ini satu kali dari setiap 72.193 hands yang kamu mainkan dalam permainan Poker88.

0 comments:

Post a Comment